Flinn - Adventure Time Link Select

Kamis, 05 September 2013

Ambeien

Diposting oleh Kata Bela hanyalah sebuah blog pribadi yang mencakup opini dan mungkin dalam hal tertentu juga akan melampirkan data pendukung di 05.27
Penyakit ambeien atau wasir disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah pada bagian bawah dari poros usus, baik di sebelah dalam maupun sebelah luar lubang dubur yang tampak seperti bisul, warnanya merah kebiru-biruan. Pembengkakan ini menghalangi aliran darah ke perut.



Gejala
Terasa ada tekanan panas dan gatal-gatal pada bagian poros usus, terdapat tonjolan atau bintil-bintil di sekeliling liang dubur. Jika buang air terasa sulit karena sakit, kadang-kadang keluar darah atau ada darah meleleh dari liang dubur.

Pengobatan
  1. Lempuyang wangi 3/4 jari, dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air bersih 2 sendok makan dan garam sedikit. Ramuan tersebut diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari 1 sendok makan.
  2. Rimpang temu lawak 1 jari, kelembak 3/4 jari, daun kaki kuda 1/4 genggam, daun sagamanis 1/4 genggam, daun patikan cina 1/5 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan gula aren 3 jari. Bahan-bahan tersebut direbus dengan air bersih 5 gelas hingga air rebusan tinggal separo. Sesudah dingin, air rebusan ini disaring lalu diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  3. Daun patikan cina 20 g, akar simaruba (dapat dibeli di apotek) 20 g, daun sembung 15 g, kelembak 10 g. Ramuan ini ditambah 2 gelas air kemudian direbus hingga airnya tinggal separo. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.
  4. Daun lidah buaya 1/2 batang dibuang durinya, dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak 1/2 cangkir dan madu 2 sendok makan. Parutan lidah buaya diperas, disaring, lalu diminum 3 kali sehari.
Saran
Penderita tidak diperbolehkan meminum minuman keras, memakan makanan yang pedas-pedas atau makanan yang mengandung banyak lemak sebab lemak dapat mengendurkan bagian dalam kulit pada usus. Berikanlah buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Kurangi bekerja berat tetapi lakukan olahraga ringan secara teratur.

0 komentar on "Ambeien"

Posting Komentar

 

andrianabela Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal