Flinn - Adventure Time Link Select

Senin, 26 November 2012

Biologi dalam Lagu Parasit

Diposting oleh Kata Bela hanyalah sebuah blog pribadi yang mencakup opini dan mungkin dalam hal tertentu juga akan melampirkan data pendukung di 07.05

Halooo, biolovers! Masih ingat dengan lagunya Gita Gutawa - Parasit? Lagu yang booming-boomingnya sekitar tahun 2007-an itu, loh! (kalau gak salah, sih). Hayooo, tahu gak apa maksudnya parasit? Bisa dikira-kira ya kalau kita cermati lirik lagunya. Gak cuma parasit aja sih kata-kata yang bisa dihubung-hubungkan dengan biologi yang terkandung di dalam lagu ini.
Oke deh, kita ingat-ingat lagi lagunya dengan membaca liriknya, nih. Dan ada beberapa kata yang bakal saya beri tanda untuk diulas secara singkat setelah liriknya yaaa.

Gita Gutawa - Parasit (Lirik)

Petir membangunkanku
Dari mimpi burukku
Selama ini ku hanya terperangkap
Dalam medan magnetmu

Baru kusadari
Kau seperti parasit
Minta ini itu kau minta padaku
Dengan semaumu

Cukup sudah ku kini mulai gerah
Ku perlu oksigen untuk aku bernafas
Tanpamu

Pergi kau ke ujung dunia
Dehidrasi di gurun sahara
Hilang di segitiga bermuda (segitiga bermuda)
Pergi kau keluar angkasa
Hipotermia di kutub utara
Hilang di samudra antartika

Dan jangan kembali (parasit parasit parasit parasit)
Kau memang parasit (parasit parasit parasit parasit)

Mulanya malu-malu
Lalu jadi benalu
Minta ini itu kau minta padaku
Dengan semaumu

Cukup sudah ku mulai naik darah
Ku seperti bom atom yang siap meledak
Karnamu

Pergi kau ke ujung dunia
Dehidrasi di gurun sahara
Hilang di segitiga bermuda (segitiga bermuda)
Pergi kau keluar angkasa
Hipotermia di kutub utara
Hilang di samudra antartika
Dan jangan kembali

Pergi kau ke ujung dunia
Dehidrasi di gurun sahara
Hilang di segitiga bermuda (segitiga bermuda)

Dan jangan kembali (parasit parasit)
Kau memang parasit (parasit parasit)
Minta dibayarin (parasit parasit)
Minta ditraktirin (parasit parasit)
Minta dianterin (parasit parasit)
Minta dijemputin (parasit parasit)
Minta ditelponin (parasit parasit)
Minta di sms-in (parasit parasit)
Minta dibeliin (parasit parasit)
Minta dibayarin (parasit parasit)
Minta ditraktirin (parasit parasit)
Minta dianterin (parasit parasit)
Minta dijemputin (parasit parasit)
Minta ditelponin (parasit parasit)
Minta di sms-in (parasit parasit)
Minta dibeliin (parasit parasit)

Memang kau parasit ah….
______________________________________________

sudah menyimak liriknya, kan?
nah, dari beberapa kata yang saya beri tanda dalam lirik di atas, akan saya ulas secara singkat.

parasit
Parasit adalah organisme yang selama atau sebagian hayatnya hidup pada atau didalam tubuh organisme lain, dimana parasit tersebut mendapat makanan tanpa ada konpensasi apapun untuk hidupnya.
Berdasarkan Fenomena Hidup Parasitis ini dibedakan dengan yang bersifat : Symbiose,Komensalisme dan Mutualisme.

SIMBIOSE adalah hidup bersama antara dua orgenisme yang berbeda spesies dan bersifat permanen, satu sama lain saling memerlukan dan tidak dapat dipisahkan, atau dengan kata lain kedua orgenisme tadi saling mendapat keuntungan Contoh : hidup bersama antara anai-anai (rayap) (Zootermopis sp) dengan flagellate saluran pencernaan seperti (Trichonympha sp, Trichomonas sp, streblomastix sp, Tricercomitus sp, hexamastic sp dll), dimana anai-anai akan memberikan tempat yang cocok untuk tempat hidup flagellate tersebut serta dapat memakan partikel-patikel kayu tetapi tidak bisa mencerna menjadi glukosa, sedangkan flagellate saluran pencernaan tidak dapat memakan patikel kayu, tetapi bisa mencerna dan mengubah partikel kayu menjadi glukosa. Glukosa sama-sama diperlukan oleh anai-anai dan flagelalta untuk kelangsungan hidupnya (sama sama mendapat keuntungan).

KOMENSALISME adalah hidup bersama antara dua organisme yang berbeda spesies, dimana organisme yang satu mendapat keuntungan, sedangkan orgenisme yang lain tidak dirugikan dan tidak pula mendapat keuntungan. Contoh : hidup bersama antara bakteri Escheria coli didalam saluran pencernaan hewan, bakteri akan berkembang didalam saluran pencernaan hewan (mendapat keuntungan) dan dalam batas normal hewan tidak menderita (tidak rugi).

MUTUALISME adalah hidup bersama yang bersifat tidak permanen antara dua orgenisme yang berbeda spesies, dimana satu sama lain sama-sama mendapat keuntungan Contoh : hidup bersama antara Ruminansia dengan beberapa fauna dan flora yang hidup didalam rumen. Flora dan fauna mendapat makanan dari hasil permentasi makanan ruminansia (flora dan fauna mendapat keuntungan), sedangkan pencernaan makanan dari ruminansia dibantu oleh flora dan fauna (Ruminansia juga mendapat untung), tetapi hidup bersama ini tidak permanen (bisa hidup sendiri sendiri).

bernafas
bernafas merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Coba, deh, anda menahan nafas 1 menit, susah juga, kan? Karena kita sebagai manusia, makhluk hidup yang paling sempurna yang diciptakan oleh tuhan, membutuhkan oksigen untuk bernafas.
Bernafas berkaitan dengan keluar masuknya udara melalui alat-alat pernapasan. Bernapas meliputi proses inspirasi (memasukkan udara) dan ekspirasi (mengeluarkan udara).

Dehidrasi
pernahkah ketika kita sedang jalan kaki atau sedang bersepeda, kita kehausan dan tidak membawa minuman pula pada waktu itu. Biasanya sih, kalau di sponsor-sponsor itu menyebutnya dehiddrasi. Gak salah juga sih. Ya perlu anda ketahui juga tentang dehidrasi.
Dehidrasi (''hypohydration'') didefinisikan sebagai kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. Ini secara harfiah adalah penghilangan air dari obyek, namun dalam hal fisiologis, itu memerlukan kekurangan cairan dalam organisme.

Hipotermia
Bila terlalu lama menahan dingin, apalagi dalam keadaan cuaca yang berangin dan hujan bisa menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh terganggu sehingga bisa menyebabkan penyakit kronis. Dan Hipotermia adalah keadaan dimana tubuh merasa teramat sangat kedinginan. Kedinginan yang teralu lama bisa menyebabkan tubuh beku, pembuluh darah mengerut dan memutus aliran darah yang menuju ke hidung, telinga, jari tangan dan jari kaki.

benalu

Benalu (loranthus) merupakan jenis tumbuhan yang hidupnya tidak memerlukan media tanah. Ia hidup sebagai parasit (parasiet=Belanda), menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain dan mengisap mineral yang larut dalm pohon kayu yang ditempelinya dapat mati.

darah
Tahukah kamu kalau darah itu merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Darah berfungsi sebagai transpor makanan, transpor zat-zat sisa untuk dikeluarkan dari tubuh, mempertahankan suhu tubuh, melindungi serangan benda asing melalui sistem imun.

Nah, itu tadi beberapa kata dalam lirik lagu parasit yang berhubungan dengan biologi. Sebetulnya masih banyak kata-kata yang penting lagi. Kamu bisa mempelajarinya lebih untuk mendapatkan pengetahuan lebih atau sekedar mengingat-ingat apa yang sudah pernah kamu dapatkan tapi telah terlupakan. Tetap semangat menggali lubang pengetahuan! Salam biolovers ^_^ 

2 komentar on "Biologi dalam Lagu Parasit"

Unknown on 28 November 2012 pukul 06.24 mengatakan...

keren" selain ahli biologi anda juga ahli dalam apresiasi musik terutama lagu

Kata Bela hanyalah sebuah blog pribadi yang mencakup opini dan mungkin dalam hal tertentu juga akan melampirkan data pendukung on 29 November 2012 pukul 09.17 mengatakan...

hahaha, terima kasih, sodara ^_^

Posting Komentar

 

andrianabela Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal